Penempatan tembok adalah poin kunci dalam mendesain desa yang terjaga dengan baik. Wall adalah benteng pertahanan utama dan mampu menahan banyak kerusakan dari serangan musuh.
Namun, efektivitas Tembok sangat menurun jika tidak dibangun untuk sepenuhnya menutupi struktur yang dirancang untuk dilindungi. Setiap celah dalam kelanjutan struktur Tembok akan membuatnya tidak berguna, karena pasukan musuh hanya akan berjalan melalui area yang hancur.
Pengecualian:
Untuk aturan ini adalah strategi corong, di mana seorang pemain dengan sengaja meninggalkan celah untuk mengelompokkan pasukan bersama-sama dan kemudian mengeluarkan mereka menggunakan pertahanan splash damage seperti Mortar atau Menara Penyihir. Atau (sebagai tambahan) pasukan musuh dapat tertangkap basah dengan mengisi celah dengan jebakan seperti Bomb atau Spring Trap.
Dinding memblokir semua pasukan darat kecuali Hog Riders, Miners, Yetimite, Grand Warden, Royal Champion, dan Headhunter. Dinding dapat dilewati seluruhnya oleh pasukan udara seperti Balon atau Naga.
Tindakan Pencegahan Terhadap Tembok
Wall Breaker dan Super Wall Breaker segera menargetkan Tembok saat ditempatkan, menimbulkan 40x normal damage pada Tembok, tetapi juga meledakkan diri mereka sendiri dalam prosesnya.
Ledakan mereka melakukan splash damage, yaitu mampu merusak dua lapis dinding jika diletakkan bersebelahan. Lubang yang dibuat oleh Wall Breaker memungkinkan pasukan darat untuk mendapatkan jalan ke bangunan di dalam Tembok, menjadikan Wall Breaker pasukan yang ideal untuk melewati Tembok.
Sedangkan Super Giant, Wall Wrecker, Stone Slammer, Log Launcher, dan Mighty Yak mampu melakukan ekstra damage pada Tembok, meskipun tidak ada yang secara khusus menargetkan mereka.
Selain itu, kamu juga dapat menggunakan Mantra Lompat untuk memungkinkan pasukan darat melewati Tembok, membuat Tembok kehilangan pertahanan mereka, sementara empat Mantra Gempa dapat menghancurkan Tembok mana pun di area efek.
Strategi
Defensif
Tujuan utama Tembok adalah untuk menghalangi pasukan yang menyerang, memungkinkan pertahanan untuk menghancurkan dan membunuh penyerang saat mereka mencoba untuk menembus Tembok.
Setelah itu, pasukan penyerang memiliki kendali bebas untuk menghancurkan pertahanan dan bangunan lain di dalam Tembok. Oleh karena itu, ketika merancang pertahanan, sangat penting bagi pemain untuk tidak mencoba membungkus seluruh desa mereka dalam satu Tembok besar.
Sebagai gantinya, disarankan agar pemain mendesain Dinding mereka dalam lapisan atau sel sehingga pasukan darat harus menembus beberapa Tembok untuk menyerang seluruh desa, sementara juga memberikan pertahanan lebih banyak kesempatan untuk menolak serangan.
Perhatikan bahwa dengan strategi ini pasti akan ada bangunan yang tidak dapat ditempatkan di dalam Tembok, yang sepenuhnya normal dan bahkan dapat digunakan untuk keuntungan Anda dengan menempatkan bangunan non-defensif dan non-sumber daya seperti Builder’s Hut, Army Camps, dan Laboratory tepat di luar Tembok.
Wall Breaker menimbulkan damage pada segala sesuatu dalam radius kecil ledakannya (splash area), jadi tidak disarankan untuk membungkus kompartemen dengan lapisan dinding yang dikelompokkan.
Archer dan Wizard yang menyerang mampu menembaki Tembok dan menyerang struktur di belakang mereka. Kamu bisa menggunakan bangunan yang kurang penting sebagai “penyangga”, menunda serangan unit jarak jauh ini pada bangunan yang lebih penting.
Dalam hal ini, pastikan bahwa pertahanan jarak jauh berada dalam jangkauan dan memiliki banyak kesempatan untuk membalas sebelum bangunan penyangga ini benar-benar hancur dan penyerang dapat maju ke Tembok.
Wilayah pertahanan di mana penyerang tidak diizinkan untuk menurunkan pasukan ditampilkan dalam hamparan putih setelah bangunan apa pun dipindahkan. Penyerang mungkin dapat menurunkan pasukan di belakang Tembok jika ada celah area di wilayah ini.
Karena setiap struktur memiliki satu perimeter persegi tambahan di mana pasukan tidak dapat dimunculkan, hindari celah yang lebih besar dari dua kotak untuk mencegah hal ini terjadi. Perangkap, dekorasi, rintangan, dan Hidden Tesla adalah pengecualian dan tidak menambah wilayah pembela.
- Sebaliknya, celah tersebut dapat diisi dengan Tembok tambahan, dan ini dapat digunakan untuk mengisolasi bangunan berharga (seperti Inferno Tower atau Balai Kota) dalam kompartemen besar, tanpa saluran yang tepat atau jalan ke kompartemen, pasukan darat akan sering mengabaikan bangunan ini.
Praktik yang sudah ketinggalan zaman adalah menggunakan penyangga atau paku Tembok berdiri tunggal untuk memikat Wall Breaker, namun, taktik spiking ini tidak lagi berfungsi, karena WB hanya akan menargetkan Tembok yang merupakan dua atau lebih segmen berurutan.
Namun, teknik ini dapat digunakan untuk memperluas wilayah pembela, dan dengan demikian batas luar tempat penyerang dapat menurunkan pasukan.
Wall Breaker hanya menargetkan Tembok yang menutupi sebagian atau seluruh bangunan, mereka akan mengabaikan kompartemen kosong (kecuali tidak ada target lain yang tersisa).
Kesalahan umum di antara pemula adalah mencoba untuk “menutup” celah Dinding dengan bangunan, rintangan, dekorasi, dll. Ini tidak berhasil, pasukan bisa berjalan menembus celah seolah-olah tidak ada rintangan di sana.
Hanya segmen Tembok terus menerus yang akan menghalangi pasukan darat. Namun, penyerang baru sering membuat kesalahan yang sama dan membuang Wall Breaker pada lubang di Tembok sehingga ini dapat menguntungkan kamu jika tidak memiliki cukup Tembok untuk layout base yang kamu gunakan.
Kesalahan umum lainnya yang dilakukan oleh pemain baru adalah mencoba menggunakan tepi map sebagai penghalang, berpikir bahwa ini akan memungkinkan mereka untuk membangun Tembok hanya di dua atau tiga sisi.
Ini juga tidak efektif, karena pasukan musuh selalu dapat muncul di area rumput yang lebih gelap di sekitar desa, meskipun bangunan tidak dapat ditempatkan di sana oleh pemain.
Pemain harus memiliki Tembok di sekitar TH, bangunan pertahanan, dan (jika diinginkan) penyimpanan sumber daya daripada Kamp Tentara, Barak, Pabrik Mantra, Laboratorium, atau Pondok Tukang karena damage pada bangunan terakhir relatif tidak penting. Ini berlaku terutama jika TH kamu masih kecil dan sumber daya terbatas.
Kamu juga bisa memasang jebakan di antara celah Tembok, ketika pasukan musuh menginjak mereka, mereka akan dengan mudah dibunuh oleh jebakan.
Harga dari level Tembok yang lebih tinggi untuk di-upgrade biasanya tidak worth it kecuali pertahanan lainnya full max karena banyak tindakan pencegahannya. Namun, ketika di-upgrade, tembok masih dapat terbukti menguntungkan untuk menghambat pasukan musuh.
Ofensif
Cari celah atau segmen Tembok yang levelnya lebih rendah dari yang lain. Juga cari area di dalam Tembok di mana orang-orang memposisikan bangunan mereka dengan buruk. Namun, berhati-hatilah, karena celah sering kali disengaja dan mungkin berisi jebakan atau Hidden Tesla.
Manfaatkan Wall Breaker dengan baik untuk menembus Tembok dengan cepat. Serang Tembok yang berada di luar jangkauan pertahanan, jika memungkinkan. Sementara itu spiking tidak akan berfungsi lagi, sehingga kamu dapat menghindari umpan dan gangguan.
Setelah bagian Tembok ditembus Wall Breaker akan mengabaikan bagian itu dan berusaha menemukan Tembok terdekat berikutnya yang melingkupi sebuah bangunan. Bagian itu mungkin atau mungkin tidak berada di belakang bagian yang dilanggar.
Kamu juga bisa menggunakan 4 Mantra Gempa untuk menghancurkan Dinding dari level mana pun.
Dengan menggunakan pasukan udara, Mantra Lompat, Hog Rider serta Miner, Headhunter, Grand Warden, dan Royal Champion, kamu dapat menembus tembok.
Upgrade
Dibawah ini adalah rincian upgrade tembok per level. Mulai dari harga hingga hitpoint.
Tembok Level 1

- HP: 300
- Biaya: 50 Gold
- Cincin Tembok: N/A
- Diperlukan TH Level: 2
Tembok Level 2

- HP: 500
- Biaya: 1000 Gold
- Cincin Tembok: 1
- Diperlukan TH Level: 2
Tembok Level 3

- HP: 700
- Biaya: 5000 Gold
- Cincin Tembok: 1
- Diperlukan TH Level: 3
Tembok Level 4

- HP: 900
- Biaya: 10.000 Gold
- Cincin Tembok: 1
- Diperlukan TH Level: 4
Tembok Level 5

- HP: 1400
- Biaya: 20.000 Gold
- Cincin Tembok: 1
- Diperlukan TH Level: 5
Tembok Level 6

- HP: 2000
- Biaya: 30.000 Gold
- Cincin Tembok: 1
- Diperlukan TH Level: 6
Tembok Level 7

- HP: 2500
- Biaya: 50.000 Gold
- Cincin Tembok: 1
- Diperlukan TH Level: 7
Tembok Level 8

- HP: 3000
- Biaya: 75.000 Gold
- Cincin Tembok: 1
- Diperlukan TH Level: 8
Tembok Level 9

- HP: 4000
- Biaya: 100.000 Gold/Elixir
- Cincin Tembok: 1
- Diperlukan TH Level: 9
Tembok Level 10

- HP: 5500
- Biaya: 200.000 Gold/Elixir
- Cincin Tembok: 1
- Diperlukan TH Level: 9
Tembok Level 11

- HP: 7000
- Biaya: 500.000 Gold/Elixir
- Cincin Tembok: 1
- Diperlukan TH Level: 10
Tembok Level 12

- HP: 8500
- Biaya: 1.000.000 Gold/Elixir
- Cincin Tembok: 1
- Diperlukan TH Level: 11
Tembok Level 13

- HP: 10000
- Biaya: 3.000.000 Gold/Elixir
- Cincin Tembok: 3
- Diperlukan TH Level: 12
Tembok Level 14

- HP: 11500
- Biaya: 5.000.000 Gold/Elixir
- Cincin Tembok: 5
- Diperlukan TH Level: 13
Tembok Level 15

- HP: 12500
- Biaya: 7.000.000 Gold/Elixir
- Cincin Tembok: 7
- Diperlukan TH Level: 14